top of page
Search

Cokelat Putih Palsu? Teliti sebelum menikmatinya

Di hari-hari sepesial buat kekasih, cokelat putih memiliki nilai lebih. Dan cokelat sudah menjadi hadiah paling sering digunakan pria untuk mendekati atau merayu wanita. Tetapi tahukan Anda perbedaan cokelat putih asli dan palsu?

Jika Anda mencari cokelat putih asli, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa cokelat putih sebenarnya bukan cokelat. Cokelat selalu berwarna coklat sampai hitam. Cokelat putih adalah konpeksi putih yang digunakan secara ekstensif dalam pembuatan permen dan pencuci mulut.


Meskipun tidak dapat dianggap cokelat, karena tidak mengandung cairan cokelat, tetapi memang mengandung mentega cokelat, bagian lemak dari kacang coklat, tetapi bukan biji kakao. Mengutip laman culinarylore, satu batang cokelat putih pertama yang dijual di Amerika adalah Nestle Alpine White, yang diperkenalkan pada tahun 1987, sekarang dihentikan.


Secara umum diterima bahwa Nestles adalah yang pertama mengembangkan cokelat putih untuk pasar komersial, dimulai pada tahun 1937. Cokelat asli mengandung baik padatan kakao pahit (biji kakao) dan mentega coklat dari cokelat. Ini adalah padatan kakao yang bertanggung jawab untuk rasa utama cokelat.

Tapi lemak dari kakao dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat konpeksi putih padat yang memiliki tekstur yang sangat mirip dengan cokelat, tetapi rasa yang jauh berbeda. Cokelat putih manis dan bermentega, tanpa kepahitan coklat. Pada dasarnya, lemak yang dimaniskan dicampur dengan bahan-bahan susu dan dipadatkan. Tapi, mengapa harus peduli dengan apakah coklat putih itu asli jika tidak benar-benar coklat?


Sebagian besar produk yang menyerupai cokelat putih mengandung sedikit cocoa butter atau tidak sama sekali. Sebagai contoh, merek 'coklat' produk Nestle yang familiar tidak mengandung mentega coklat melainkan menggunakan lemak lain, seperti minyak inti sawit yang difraksionasi.


Jika Anda melihat lebih dekat pada label produk-produk tersebut, Anda akan melihat mereka tidak disebut coklat putih, tetapi 'white morsels' atau 'kue putih'. Ketahuilah bahwa sebagian besar batang cokelat yang menggunakan "cokelat putih" menggunakan jenis pelapis.


Karena warna cokelat putih kebanyakan berasal dari mentega cocoa, kadang-kadang Anda dapat mengatakan yang asli dari palsu dengan warna. Cokelat putih sejati akan memiliki warna yang sedikit kuning.


Juga bisa normal untuk melihat beberapa bercak cokelat kecil, yang merupakan padatan kakao yang tersisa di lemak. Jika produknya sangat putih, itu lebih mungkin palsu, atau mentega kakao telah diputihkan.


Ketika Anda ingin mencari cokelat putih yang asli (meski tidak 100 persen), cari label yang mengandung bahan paling cocoa butter sedikit. Juga, fakta bahwa suatu produk mengandung cocoa butter bukanlah jaminan kualitas.

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page